Selasa, 13 Januari 2015

Apa itu branding? pentingkah untuk blogger?


sebelum kita masuk ke postingan teknis (kayak tutorial dan semacamanya) aku mau sharing dulu tentang beberapa hal dasar yang menurut aku matter. (maaf kalo agak serius bahasanya). mungkin udah banyak blogger yang bikin tulisan tentang branding, jadi aku mau sedikit menjelaskan lagi dengan tambahan insight lain. hhehhhe.

selama beberapa tahun ngalor ngidul, mampir sana sini ke blog orang ternyata ga sedikit dari temuan aku yang dulunya food blogger terus sekarang mereka punya restoran/kafe sendiri, fashion blogger yang bikin clothing line nya sendiri, travel blogger yang akhirnya bikin travel agent sendiri, blogger fotografi yang akhirnya punya studio sendiri, beauty blogger yang akhirnya jadi stylist atau bahkan banyak yang akhirnya jadi penulis buku. banyak hal ternyata yang dapat diwujudkan berawal dari kegiatan blogging

kadang memang ada yang dari awal memulai blogging untuk tujuan bisnis, tapi ada aja yang awalnya ngga niat bisnis dan hanya blogging by passion yang sebenarnya tanpa disadari blogger itu sedang membangun brand nya sendiri. buat yang udah lama blogging sayang kalo udah punya banyak audience apalagi yang udah bertahun-tahun dan punya tulisan-tulisan yang berkualitas tapi belum menguatkan brand nya. buat yang baru mulai blogging adalah langkah yang bagus jika sudah mempertimbangkan ini dari awal.

jadi apa itu branding? 

Brand = Reputasi. hanya ada di dalam pikiran konsumen. jadi branding sebenarnya bukan sebatas logo, tagline, slogan, simbol, atau iklan saja. Dalam bahasa marketing branding bisa diartikan positioning, personality, customer value, competitive advantage dan trust.

mengapa branding menjadi penting?
  • Menyampaikan pesan yang jelas, tujuan kita bisa direpresentasikan dengan baik melalui brand yang kita buat 
  • Membedakan dengan produk atau jasa lain, saat ini sudah banyak blog yang bagus. Dengan mencoba membangun brand, blog kita bisa terlihat berbeda dan mudah dikenali
  • Meningkatkan memorability, orang-orang akan dapat dengan mudah mengingat blog kita karena punya ciri khas  
  • Membangun kepercayaan, melalui story telling
  • Membangun loyalitas, dengan konten-konten yang bagus orang-orang akan mau balik lagi mengunjungi blog kita 
  • Menegaskan kredibilitas
  • Menghubungkan target market/ audience Anda secara emosional
kalo menurut aku branding ibarat investasi yang intangible. kalo investasi di produk keuangan kita bisa kalkulasiin berapa rate nya berapa kira2 besar capital gain atau deviden yang akan kita dapatkan sebagai investor, tapi kalo investasi dalam membangun brand ngga bisa secara langsung dihitung secara matematis di awal. cuma efeknya bisa dihitung di masa depan, seperti coca cola yang awalnya di tahun 1886 hanya terjual sebanyak 9 botol hingga tahun 2010 dapat terjual 1.600.000.000 sehingga brand bisa tidak bisa dinilai harganya.

apa pentingnya untuk blogger?
blogging adalah salah satu cara dalam membangun brand, karena lewat blogging kita akan memiliki audience dan mendeliver value pada audience kita. sayang kalo ternyata kegiatan blogging kita ga dibuat tujuan yang jelas dan hanya sekedar hobi menulis. padahal di sini ada proses komunikasi yang bisa memberikan hubungan emosional, story telling! meskipun isinya lebih banyak tentang curhat dan jurnal harian tapi kalo kita punya gaya menulis sendiri dalam bercerita tetep punya ciri khas. jadi di sini branding bukan cuma sebatas membuat template blog aja yang bagus tapi juga didukung sama konten dan kegiatan networking lainnya :)

apa selanjutnya?
next post aku mau bahas tentang passion, niche dan bagaimana membangun konsep branding sama beberapa contohnya 

P.S : makasi ya udah mau nyempetin baca, jujur cukup sulit untuk menemukan definisi branding yang pas. karena ada banyak banget para ahli yang mengartikan branding. aku cuma mengambil beberapa yang mewakili dan poin2 pentingnya aja. buat next post aku harus lebih banyak baca slide, artikel sama website lagi nih, semoga postingan tentang branding ini bisa bermanfaat :)

18 komentar:

  1. hai hai Iena.. bagus tulisannya, thanks untuk sharing ilmunya yaaa... salam kenal! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo mba cantiik, salam kenal. hhehe makasi :)

      Hapus
  2. Iyap betul bgt! memang secara gak sadar blog kita udah menciptakan brand tersendiri buat kita. Yang awalnya cuma iseng, secara gak langsung setiap postingan blog terkadang adalah mencerminkan ciri dan personality si pembuat blog. Kedengarannya menciptakan branding dari blog kemudian terjun ke bisnis jauh lebih keren dan efektif dari pada berbisnis dengan memulai membuat blog atau website. itu sih menurutku..tapi itu tergantung dari pribadi masing2 jg siih... membuat blog dengan tujuannya apa, hehehe.. Nice posting iena! :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihhi iya, emang biasanya yg udah blogging duluan mereka udah punya pengalaman dan audience nya sendiri. makasih ya buat pendapatnya. salam kenal :))

      Hapus
  3. hihi blogku random bangetttt, padahal udah nulis sejak 2009 dan masih "gini gini aja". hehe but im fine with that, karena aku juga blogger kambuhan :D
    salam kenal ya Iena ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga udah punya blog dari tahun 2010, tapi baru mulai nulis beneran nya baru akhir2 ini. hhehhe. salam kenal Rini :))

      Hapus
  4. Hai iena salam kenal ^^
    aku sangat-sangat terinspirasi sama tulisannya tentang branding ini. Ilmu baru banget buat aku :)
    dan dari tulisan ini juga aku jadi fokus mikirin branding buat blog sampai akhirnya ganti judul dan header juga supaya lebih nguatin jati diri blognya ^^
    btw, aku follow blognya, biar kalo update soal branding aku bisa langsung baca :)
    kalo berkenan boleh banget di followback ^^v
    oia aku download frebies nya yah, really helpful buat mempercantik foto hihi

    destywidy.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo hallo desty, salam kenal juga yaah^^, makasi udah mau baca tulisan aku. ihh asik di follow kamu, aku juga udah follow back yah supaya aku juga bisa baca 'life of daisy' hihihihihi. keep in touch ya darlinn :))

      Hapus
  5. Wah, senang bisa ketemu blog Indonesia yang isinya kayak gini soalnya jarang nemu nih. (Apa akunya yang kuper ya? Haha)

    Iya, branding itu memang bukan desain saja. Banyak blogger yang salah kaprah dan menyalahgunakan istilah yang satu ini. Mereka kira logo atau desain blog itu adalah branding. Padahal it's more than that. Harusnya mereka baca postingan kamu ini biar lebih ngerti! ;)

    Anyway, looking forward to your future posts, Iena! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ihh sikasik ada mba yuni, pertama kali aku mampir ke blognya mba juga aku seneng banget^^

      jarang aku nemuin blog indonesia yang desainnya kece puaraah. ngefans deh sama 'yuniquelysweet'. kapan-kapan mau aku promosiin di SLS biar makin banyak blogger yang tau. hehhehe :))

      Hapus
  6. Baru blogwalking seneng postingannya banyak yg lagi aku cari. Apalagi soal branding blog yg lagi bikin galau sama blog aku sendiri. Salam kenaaal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo hallo mba indaaaaah, salam kenal juga yess :))
      hihihi tulisan ini juga berawal dari kegalauan aku blogger yang serabutan
      aku seneng deh kalo ada yang suka sama tulisan di blog ini

      anyway salam juga buat si kaka kembar, sukses terus buat hijaber jogjaa^^

      Hapus
  7. jalan - jalan eh ketemu blog ini, ubek2 postingan eh nyangkut dipostingan tentang branding, kebetulan banget nih lagi belajar buat personal branding secara bentar lagi juga mau wisuda hehehe.

    banyakin postingan yg kyk gini yee, salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo hallo mas adhii, salam kenal juga :)
      thank you yah udah main-main ke sini, siaap mass. aku mau banyakin postingan tentang branding, hhehhe^^

      anyway congrats yah buat wisudaannya!

      Hapus
  8. hai Iena.. tau blog ini hasil nguping hosip-hosip di IHB katanya blog kece,, hihihi,, bener ternyata.. ditunggu sharing berikutnya yaa.. salam kenal.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo hallo mba nitaa, salam kenal juga yaah! :)

      hihihi alhamdulillah kalo gitu, seneng dengernya. okee mba nitss kumain-main juga yah ke blognya mba nita. keep in touch!!
      kesses <3

      Hapus
  9. Manteep sob informasinya :)
    http://goo.gl/EeJFUj

    BalasHapus
  10. berarti branding itu penting banget ya. terima kasih share nya. nice info.

    BalasHapus

COPYRIGHT © 2021BY IENA