Wednesday, January 21, 2015

peran desain dalam membangun brand


Yeeey akhirnya kita masuk juga ke pembahasan tentang desain. Sebelumnya aku udah cerita banyak mengenai branding di beberapa postingan yang lalu (yang belum baca boleh klik di sini). Brand memang bukan sebatas desain, tapi brand sebenarnya terbentuk dalam persepsi konsumen. Artinya sebuah brand bisa eksis karena judge yang ada kepala konsumen / audience kita. Di sisi lain manusia adalah makhluk visual, kita menggunakan mata untuk melihat hal-hal yang mempengaruhi behavior, tempers our reactions, and inform our decision. Baik itu lewat website, brosur atau dalam dunia nyata. Sehingga salah satu solusi yang efektif adalah dengan menarik perhatian lewat media visual. Dari desain di atas aku mau kasih contoh nyata, sebesar apa sih peran desain dalam membangun brand?


The case study
Desain ini sebenernya dibuat oleh Sam Sharples untuk memenuhi tugas kuliahnya. Tugas tersebut adalah di mana mahasiswa membuat suatu proyek desain dari sesuatu yang biasa saja menjadi sesuatu yang terlihat profesional (a seemingly un-brandable field of work appear extremely professional). Sam memilih produk sapu tangan karet yang biasa digunakan untuk kegiatan bersih-bersih menjadi objek proyeknya. Daaan seperti yang temen-temen lihat, hasilnya sangat catchy ketika pilihan warna dengan tema semi pastel, campuran warna biru dan pink yang justru menarik perhatian. Padahal kalo dilihat-lihat produk yang menjadi objek pilihannya sam kurang menarik dan membosankan (*ngga kayak produk fashion yang emang udah catchy dari awal). bahkan desainnya ini kalo aku lihat-lihat mengandung konsep/story/pesan dari potongan gambar tangannya. Ada yang bentuknya terlihat berjabat tangan, say hai, shoot gun, o perfect dll. The humor of the concept and execution are scrubby-good. So, dari desain di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa desain yang tepat dapat menciptakan persepsi yang berbeda di benak konsumen. Kemaren aku nemuin kalimat yang nendang banget di situsnya nesha, dia adalah  brand designer based in the West Midlands, UK. (kamu bisa kunjungi situsnya di sini)
Your brand should look as amazing as your work is. Because the harsh reality is this- First impressions are lasting impressions. So if you want more clicks, more shares, more clients, more profit, and more new shoes at the end of the month (yay), your brand needs to level up and command attention.

10 comments:

  1. iya,kreatif banget desainnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, pertamakali liat aku juga ga nyangka kalo cuma sapu tangan karet :P

      Delete
  2. wah keren ya mbak pengen saya buat produk" kayak gitu mupeng.... mantap abiss....

    ReplyDelete
  3. kreatiiif, sarung tangan jadi lucu gitu brandingnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya efek pilihan warna nya juga ya ka jadi keliatan lucu, hhehhe :D

      Delete
  4. Wah, lucu banget ya desainnya itu. Warna juga eye-catching banget. Kesannya tuh sepertinya menjadi pot-washer itu menyenangkan. Haha :) Memang ya desain itu cukup penting untuk mempresentasikan brand kita ke orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi ada expert desain nih, betul mba yuun :)
      kebetulan banget aku nemu contoh desainnya ini, supaya agak nyambung sama temanya, wkwkwkk

      Delete
  5. Lucu desainnya, warnanya juga nyaman di mata :)

    ReplyDelete

So, what do you think? :)