Thursday, January 29, 2015

Infographic: 8 checklist yang harus dipenuhi dalam membangun brand


Akhir-akhir ini Alhamdulillah aku sangat beryukur dapet temen blogging baru yang ternyata ngga sedikit dari mereka adalah womenpreneur, hihihi. Aku kagum dengan mereka, karena mereka sekarang sedang menjalankan bisnis yang merupakan bagian dari banyaknya brand lokal yang ada di Indonesia. Jadi semakin semangat dong eyke buat nulis, hhehhehe. nah kebetulan kemaren aku nemuin infographic yang ngebahas step-by-step tentang branding, dan menurut aku infographic ini lengkap banget. Kayaknya postingan aku yang kemaren lebih ke teknis gimana cara brainstormingnya aja, versi lengkapnya ada di postingan ini :P 

Infographic ini aku dapet dari 99designs, buat yang belum familiar sama infographic aku mau jelasin sedikit sesuatu apa itu. Jadi infographic adalah cara baru dalam penyampaian informasi secara visual. Bentuk nya banyak gambar, hasil survey, riset dan beberapa informasi penting yang tidak lagi dijelaskan hanya dengan teks, tapi disulap jadi presentasi gambar yang sangat menarik seperti di bawah ini. Infographic biasanya dibuat panjang ke bawah dan biasanya menjelaskan topik-topik tertentu dalam satu frame. Menurut aku jaman sekarang salah satu cara untuk jadi lebih smart dan update (di jadwal kita yang padet) adalah dengan membaca infographic. Karena selain mudah dimengerti infographic juga biasanya berisi informasi yang cukup penting. yuk kita liat ada apa aja di sini:

checklist branding isi

Tambahan dari aku:

kalau bisa deskripsi brand, visi dan misi itu tidak hanya ada di dalam kepala, lebih baik dituliskan dalam kata-kata. Mengapa visi dan misi menjadi penting? Mereka menjadi penting agar kita bisa fokus dalam mencapai goals dan target yang ingin kita capai.


Menentukan siapa yang menjadi target konsumen/audience juga menjadi penting agar usaha kita dalam melakukan promosi bisa jadi lebih efektif. Kalau target konsumennya adalah ibu-ibu, buatlah promosi yang bisa memikat hatinya moms. Alasan penting lainnya adalah biaya promosi/marketing itu kadang tidak sedikit, akan menjadi sangat costly. Sehingga jika kita belum bisa menspesifikkan lagi profil target konsumen kita yang sebenarnya bisa buang-buang waktu, uang dan tenaga. hehhehe. okedeh kalo gitu "Selamat berkarya para entrepreneur indonesia!!" 

P.S: oh iya, dalam menentukan target konsumen/audience kalo bisa dilihat lagi siapa yang jadi decision maker-nya (yang menentukan membeli atau tidak). misalnya produk AMUTHE nya mba Anisa Muthi'ah (fashion anak-anak). meskipun konsumennya adalah baby atau balita tapi yang memutuskan membeli atau tidaknya adalah para ibu-ibu. beda ceritanya kalo produk fashion remaja atau orang-orang dewasa karena mereka sendirilah yang menjadi decision maker nya. jadi sebisa mungkin promosi yang dibuat memikirkan apa hal yang disukai para ibu?^^

8 comments:

  1. ilmu baru nih,dapet ilmu desain dll disini hehehe...iya,kalo infographic lebih enak aja gitu buat presentasi,apalagi gambar2nya keren...saya juga lagi belajar dagang,harus menspesifikkan tarket pasar,thanks for sharing ya mbak ^^

    ReplyDelete
  2. Halo Iena,
    salam kenal yaa.. really2 nice info dan refresh lagi soal branding. grafisnya juga menarik dan simple ga bikin bingung.. asik nih kapan2 boleh konsul yaaa hihi.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo hallo kaka cantiik, hhehe. salam kenal juga yaah :))
      wahh boleh2, kutunggu kalo gitu, anyway sukses ya buat THALASSA nya <3

      Delete
  3. Wah, keren nih infographic-nya. Mesti segera disimpan nih sebelum kelupaan.

    ReplyDelete

So, what do you think? :)