Tuesday, January 20, 2015

Apa itu Niche dan Passion? Bagaimana cara menemukannya?


Oke darlinn, sekarang balik lagi nih ngebahas kelanjutannya branding untuk konteks blogger. Tapi sebelunya aku mau bilang I’m not expert in blogging nor graphic design, I managed to learn by doing. Thanks to all the blog design and tips that all over the world wide web. Jadi kalo ada salah-salah mohon dikoreksi ya :)

Lanjooots, nah sebelum masuk ke pembahasan kita tentang niche dan passion aku mau mengklasifikasikan dulu tipe blogger yang aku tahu. Dari hasil mondar mandir bw ternyata ada dua jenis utama kategori seorang blogger. Yang pertama adalah blogger by passion dan yang ke dua adalah blogger yang hanya mengejar traffic saja. Apasih bedanya ie?

Bedanya adalah blogger by passion menulis sesuatu tema yang disukainya, berawal dari passion-makannya aku bikin sebutan blogger by passion. Tujuan pertama mereka blogging bukan cuma sekedar mengejar keuntungan saja, tapi alasan penting lainnya adalah aktualisasi diri. Tipe blogger yang ke dua adalah blogger yang emang tujuannya langsung ‘menghasilkan uang’. Biasanya yang kayak gini ga punya satu benang merah khusus tentang apa blognya. Bisa tips macem-macem atau yang lagi happening. Tapi jangan salah, yang kayak gini biasanya sangat jago dalam hal SEO (yang saya sendiri masih cupu, hhehhe).  So bahasan di sini lebih mengarah ke blogger by passion aja yaah, aku ga jago kalo mau bahas SEO dll. Yang mau aku bahas di sini adalah kegiatan blogging dari sisi personal branding, kalo mau tips2 blogging secara teknis temen-temen bisa liat web nya mba Chrisanty di sini (*aku suka webnya, karena enak dibaca dan tipsnya juga oke)

A niche is a focused, targetable part of the market. You are a specialist providing a product or service that focuses on specific client group’s needs, which cannot or are not addressed in such detail by mainstream providers.

Bisa dikatakan niche blogging adalah kegiatan menciptakan sebuah blog dengan tujuan untuk menggunakannya sebagai media marketing kepada target pasar tertentu. Ini berarti niche blogging memiliki target pembaca yang jelas sesuai dengan tema blog yang ditawarkan

Menurut aku untuk menemukan niche dari blogging yang paling baik adalah apa yang menjadi passion kita. Kenapa? Karena kalo menulis apa yang menjadi passion kita biasanya akan selalu banyak ide untuk membuat postingan lagi dan lagi. “hmm abis foto ootd yang super cute hari ini besok mau dibuat lebih classy deh. Terus besok-besok rok nya bisa di mix lagi sama baju yang lain, terus.. terus..” biasanya ide bisa aja banyak yang datang. Buat yang suka kuliner pasti tau banget dong tempat makan yang recommended. Atau yang sukanya masakan sendiri dan hobi masak udah banyak kan resep yang mau di coba-coba. Yang suka review produk kecantikan noh udah numpuk make up kit di kamar. Yang suka travelling dan fotografi paling bisa nentuin spot mana aja yang asik buat dibikin postingan. Yang super kreatif bisa bikin postingan D.I.Y. Udah deh ahh pokoknya banyak, hehhehhe.

Penting banget jangan ngeblog karena ikut-ikutan aja ngeliat blogger-blogger keren yang kamu suka. Boleh sih ikutan, (*ga ada yang ngelarang) tapi kalo itu bukan passion kamu juga malah kurang maksimal. Aku punya contoh cerita blogger yang suka aku baca akhir-akhir ini, namanya Jen asal New York. Nama website nya ‘savetosplurge’, dia pernah bikin postingan yang judulnya ‘what-i-learned-from-two-failed-blogs’ 2 kali pernah gagal ngeblog karena dia menulis yang bukan passionnya. Awalnya dia menulis tentang fashion, tapi ternyata merasa kurang nyaman untuk membuat postingan-postingan yang berhubungan dengan fashion. Dan akhirnya sadar kalo ternyata menulis tentang mengelola keuangan (khususnya personal finance) adalah passionnya.

One of the reasons my blogs failed is because, even though I love to write, I had a hard time coming up with content. I felt discouraged and unmotivated. I enjoy shopping (J. Crew, you are my weakness) and dressing up, but I am not passionate about it. I can’t talk about it for hours and never run out of things to say. When I finally realized this point, it was easy for me to let go and pursue my true passion.Personal finance is a topic that never fails to excite me. Even when I was running my fashion blogs I would look for ways to throw in some personal finance. But it just wasn’t the right fit for my (albeit, small) audience. Then one day it finally hit me. Why don’t I just blog about what I love? (DUH.)And that, my friends, is how Save to Splurge came to be. I have been writing here for about three weeks and the ideas are still rushing in. A few of my posts have been mentioned in several blogs, which I think is good feedback considering the length of time I’ve been around! Thank you to the bloggers who mentioned me! You all rock!

Terakhir Jen bilang yang terpenting adalah ketika “menjadi diri sendiri!”. Ngga jauh berbeda, dulu aku juga pertama ngeblog sejujurnya karena ngeliat para fashion blogger yang kece, hahhaha. Terutama anak-anak hijabers community yang sekarang lagi nge-hits. Coba-coba beberapa minggu aku stuck ga ada ide, akhirnya ya begitulah isinya jadi penting ga penting blog aku. Yang paling menggelikan adalah karena aku cinta mati sama Manchester United aku pernah bikin postingan tentang MU, DUH!  Wkwkwk, ya ga heran lah kalo aku ga langgeng ngeblog. Kayak yang pernah aku bilang sebenernya bikin blog ini dari tahun 2011, tapi baru akhirnya memutuskan untuk menjadi serious blogger setelah mendapatkan pencerahan akan passion dan niche aku, yaitu marketing dan desain. Aku tetep suka baca dan main-main ke fashion blog (*banget malah), buat referensi aku juga.

Terus gimana kalo sampe sekarang belum nemu passion?
Bohong kalo orang bilang mereka ga punya passion :P Menurut aku setiap orang yang hidup dan beraktivitas pasti menemukan sesuatu yang lebih dominan. Tanda bahwa itu adalah passion kita salah satunya adalah sesuatu yang bisa kita kerjakan selama berjam-jam dang ga pernah ngerasa capek atau menyesal mengerjakan hal itu. Bahkan saking seriusnya bisa-bisa sampe lupa waktu. Misal ada yang emang bisa semangat banget ngelukis, sampe-sampe menghabiskan banyak kanvas saking menikmati proses pembuatan dan hasil karya nya. Yang anteng ngutak ngatik mesin jahit dan bikin pola-pola cantik sampe lupa makan karena saking asiknya. Yang bodo amat uang jajan habis yang penting bisa jalan-jalan keliling dunia melihat kebudayan kebudayaan yang menakjubkan. Coba deh kamu pikir-pikir lagi, apa hal yang kamu ga pernah ngerasa beban dalam melakukan hal itu, pasti ada! :)

Sepenting apasih nulis dengan passion?
Hhuhuhu penting ga yah? Menurut aku kalo kita bisa menulis dengan passion mendorong kita untuk bikin tulisan-tulisan yang bagus, karena kita melakukannya dengan maksimal dan serius ngerjain itu.  

Nah nantinya kita juga bisa tau konsep brand yang mau kita bangun kalo udah nemuin niche blog kita apa, memilih desain apa yang dapat mewakili dari brand yang mau kita bangun. Konsep ceria? Professional? Girly? Yang bisa cocok nantinya sama potingan-postingan kita, hhehe :) buat yang udah nemu passionnya apa, SELAMAT!! Karena kamu sudah menghargai dirimu sendiri dan semakin belajar mencintai kehidupan yang sedang dijalani. Buat yang belum SEMANGAAT! banyak hal yang bisa dijadikan inspirasi untuk mencari apa yang menjadi passion yang sebenarnya :)

P.S:  Alhamdulillah, aku mau ngucapin terimakasih buat beberapa temen-temen blogger yang sampe hari ini sama-sama support dalam hal blogging. ternyata tips ngeblog biar langgeng adalah silaturahim sesamanya ya. hihihi (*kemana aja sih gue?). super thank you juga buat dua kaka yang baik hati nan solehah, Ka Puput sama ka Tia yang meskipun ga pernah ketemu tapi keep in touch dan menularkan virus-virus menulis nya :) 

next kita mulai masuk ke teknis brainstorming dan desain ya, hihihi. Udah ga sabar nih, makasih yang udah mau ngikutin sampe hari ini, buat yang belum kamu bisa baca juga pembahasan sebelumnya 

25 comments:

  1. kalau says by passion yak,hehehe...suka aja nulis di blog...kalo niche yang blog satiny :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi keren banget punya dua blog, ahh kalo mba mah jangan ditanya, lebih produktif dari aku kayaknya :)

      Delete
  2. duh kaya nampar pipi sendiri, 3 tahun kebelakang blogku semprawut isinya random banget karna ngikutin tren aja, huhu aku jadi merasa berdosa sama blog aku :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. aiih kan kamu si tangan kreatif, udah punya brand sendiri malah si kece HLV :))
      postingannya tentang DIY cantik, hehhe

      Delete
  3. Sukaa deh sama post ini, inspiring for bloggers <3 <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai winny! duhh thank you yah udah main2 ke sini. kapan2 aku mau review mooi deh di sini biar makin banyak temen2 blogger yang tau :))

      Delete
  4. Wah ilmu baru lagi nih.. Thanks Iena for sharing!

    ReplyDelete
  5. Kalau aku pribadi sih sebenarnya emang lebih senang sama blog yang isinya fokus dibandingkan yang gado-gado. :)

    ReplyDelete
  6. Nulis blog sama gak dengan nyalurin hobi. Tulisan yang bagus Mbak :)

    ReplyDelete
  7. goodness, Ienaa aku baru baca postingan yg ini. bagusnyaa.. aku jadi inget obrolan ku sama temen blogger tentang blogging by passion. InsyaAllah next time pengen aku bahas jugaa *Semoga inget*. anyway makasih udah dimention hihihi. keep contact :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2, maaci juga kakakuu, masih nyempetin baca di tengah kesibukanmu :))
      hihihi ayoo kaa bahas, kita sebarkan semangat2 ini *hhuhaah
      anyway semangat buat acaranya yaaw <3

      Delete
  8. Hai iena , tulisan aku sekarang masih gado gado nih,tp memang karna aku suka traveling jd mostly posting aku plg byk ttg itu :) btw salam kenal ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo hallo mba ross, hihiihi aku udah main ke blog nya mba
      ngga ahh ngga gado2, malah kece bett deh menurut eyke :D
      salam kenal juga ya mba cantiik^^

      Delete
  9. kayaknya aku masih jarang blogwalking nih krn baru nemuin blog kamu skr. pdhl kece gini blognya. temanya pun seru sekali. ud baca bbrp postingan jd pgn komen di sini sblm meneruskan baca postingan yg lainnya. haha.

    setuju bgt ttg blogging by passion. but the thing is sometimes the passion (of writing) changed. or is it just me? haha. dlu awal ngeblog aku suka nulis ttg fashion, tp skr rasanya males. lbh suka nulis review beauty product (but I still love about fashion and passionate about it). selain itu, aku jg suka nulis ttg travel, makanya sampe buat blog baru ttg itu, tapi jadi jarang diupdate karena travelingnya jg ga sesering itu. makanya kepikiran mau disatuin di 1blog. dari sisi marketing ada saran gaa?

    *baru sekali komen disini lgsg panjang lebar ya :p* haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo hallo kaka cantiik! hihihi thank you banget yah udah mampir ke sini. salam kenaal :))

      aku udah main-main ke mrs.delonika juga lho, sudah kubaca-baca. menurut aku masalah passion (of writing) changed ga masalah kalo ternyata masih berhubungan kayak fashion dan beauty. keren kereen punya banyak passion malah. mungkin sekarang lagi sibuk atau moody *sok tau :P

      sisanya udah aku post comment ya di blognya kaka, anyway sukses buat nabilia nyaa
      besok2 kumau main-main lagi ahh :)

      Delete
  10. Loh loh loh padahal aku pembaca setia blogmu tapi kok baru baca ini sekarang yaaaa *gara2 di-mention Ola di postingan barunya :))
    Makasih yaaa udah dicolek di tulisan. Post-mu selalu bermanfaat euy, jadi mikir mau nulis apa lagi yaaa :D *termasuk salah satu yang masih bingung arah dan tujuan ngeblog hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihihihi mungkin ka tia kelewat, ngga apa2 ko kakakuu. namanya juga manusia *hhahayy
      sama-sama, ihh aku juga seneng kalo baca postinganya ka tia, karena selalu menghibur, apalagi bahasanya suka bikin senyum2 sendiri :P

      Delete
  11. Bacaan bagus buat saya nih yg masih newbie banget, isi blog jg gado2,, nice sharing mb iena :-)

    masuk recommended buat blogwalking saya, sip!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo hallo mba arlisaa, sama2 yaah :D
      salam kenaaal^^

      Delete
  12. Bacaan bagus buat saya nih yg masih newbie banget, isi blog jg gado2,, nice sharing mb iena :-)

    masuk recommended buat blogwalking saya, sip!

    ReplyDelete

So, what do you think? :)