Sunday, January 18, 2015

Apa itu Branding? Pentingkah untuk small business? (part-2)


Oke, kita lanjut yuk obrolannya. hhehhe. apalagi ceritanya baru dapet semangat dari temen blogger jauh yg ada di eropa (*mau curhat dulu, wkwkk). jadi barusan aku iseng buka feedjit dan nemu satu url yang cukup sering jadi link ke blog SLS. nah ternyata pas aku buka dia sedang ngereview 5 blog favoritnya, dan aku seneng banget ternyata SLS masuk ke dalam 5 blog tersebut! meskipun mungkin hal kayak begini mah udah biasa buat blogger-blogger lain, tapi buat aku yang mantan blogger serabutan (amiin) seneng karena ternyata ada yang mengapresiasi tulisan-tulisan aku. namanya Antonella, blogger asal Bosnia yang masih muda dan punya kepribadian yang menyenangkan. agak sedikit sedih sih, karena sekarang aku lagi mau komit blogging pake bahasa, dan bikin blogger-blogger kayak Antonella harus buka dulu google translate nya. but seriously, I have the reason why I use bahasa, mungkin kapan-kapan aku akan cerita ya alasannya, hhehhe.

thank you darling, you give me a new spirit to be a serious blogger! (kamu bisa kunjungi blognya di sini

naah, sekarang kenapa sih jadi dibikin sequel gini postingannya? hhhe
sebenernya term 'Branding' yang kita bahas disini sama intinya dengan pengertian yang di bahas kemaren, cuma konteksnya aja yang berbeda antara blogger yang memang kegiatan utamanya menulis dengan entrepreneur yang memiliki produk atau jasa. letak perbedaannya adalah di value of chainnya (alur kegiatan dari proses produksi sampai produk dan jasa itu samapai ke tangan konsumen). kalo blogger ga usah rempong-rempong sampe mikirin gimana distribusi barangnya, kapan? di mana?, yang penting punya tulisan berkualitas, dimengerti, disukai banyak audience nya dan meningkatkan traffic. jadi bisa dibilang blogger itu melakukan 'personal branding', menjual yang ada pada dirinya sendiri, yaitu "KAMU!". sedangkan untuk entrepreneur harus memikirkan semua proses secara keseluruhan kegiatan bisnis dari A-Z. *makannya kalo ngebahas nya dibarengin takut pusing kecampur-campur kayak es campur :P  

okee, karena takut bosen udah dibahas di postingan lalu, untuk definisi branding-nya sendiri artinya sama yaa. (yang belum baca boleh kllik di sini). jadi kemaren aku agak brainstorming gitu untuk ngebahas kenapa branding penting untuk small business atau start up. mau nyari latar belakang yang pas yang bukan copas-copas dari blog orang karena udah banyak yang ngasih alesan yang sama. dan ehem akhirnya hasil perenungan di kamar mandi tadi pagi aku nemuin satu poin penting.

Jadi, kenapa branding penting untuk small business?
sedikit belajar lagi ilmu ekonomi ya temen-temen, ada berbagai macam bentuk struktur pasar. ada pasar
  1. persaingan sempurna (Jenis pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak. *in the real world pasar persaingan sempurna jarang terjadi, Contoh produknya adalah seperti beras, gandum, batubara, kentang, dan lain-lain),
  2. monopolistic ( jumlah produsen atau penjual banyak dengan produk yang serupa/sejenis, namun di mana konsumen produk tersebut berbeda-beda antara produsen yang satu dengan yang lain. Contoh produknya adalah seperti makanan ringan (snack), nasi goreng, pulpen, buku, dan sebagainya),
  3. oligopoli (Pasar oligopoli adalah suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area. Contoh industri yang termasuk oligopoli adalah industri semen di Indonesia, industri mobil di Amerika Serikat, dan sebagainya)
  4. monopoli (Pasar monopoli akan terjadi jika di dalam pasar konsumen hanya terdiri dari satu produsen atau penjual. Contohnya seperti microsoft windows, perusahaan listrik negara (pln), perusahaan kereta api (perumka), dan lain sebagainya)
small business atau start up kebanyakan kecendrungannya adalah mereka yang bersaing dalam struktur pasar monopolistik. contoh, mau usaha baju/apparel? buka restoran? jual buku?. jenis usaha yang kayak gini udah banyak yang juga menjual produk yang sama. mau jual nasi goreng sama-sama dibuat bahannya dari nasi telor bumbu. mau jual baju sama-sama dibuat dari kain yang dijual di tanah abang. makannya dibilang produk di pasar monopolistik cenderung identik, mungkin yang beda dari resep rahasianya yang bikin spesial atau model baju nya yang berbeda. tapi pernah ga sih nemuin baju yang kalo di jual di butiknya mbayu-mbayu bisa lebih mahal dibandingkan yang beli di toko biasa, padahal modelnya kayaknya ga jauh beda deh, cuma beda di labelnya aja. *the power of BRANDING! 

nah, jadi kesimpulannya adalah untuk jenis pasar monopolistic, strategi agar sebuah bisnis bisa mendapatkan profit dan bertahan adalah = DIFFERENSIASI! yang mau aku hubungkan di sini yaitu BRANDING adalah cara bagaimana usaha kita bisa mendiffrensiasikan diri dengan pesaing usaha lain dari jenis produk/jasa yang sama. menciptakan value dan personality yang kuat akan produknya bisa lebih disukai oleh konsumen 



Let's see, misal kenapa film bollywood bisa selalu banyak penggemarnya? karena bollywood punya konsep yang unik, mereka ga cuma sekedar ngasih cerita, tapi juga ada kegiatan nyayi dan nari-nari yang bikin ceritanya jadi lebih seru. atau misalnya lagi acara TV kayak opera van java, aku ngeliat mereka cukup awet sampe 6 tahun siaran melulu, ternyata konsep opera van java yang lawakannya banyak dari improvosasi pemain tanpa script itu justru bikin banyak penonton yang suka. Sekarang produk makanan deh, hmm aku mau ambil contoh kripik pedesnya maicih. temen-temen kebanyakan pasti udah sering denger dong nama maicih. padahal konsep nya menurut aku sederhana yaitu gimana bikin level di tingkat pedasnya, gimana jualan yang berpindah tempat dan bikin konsumennya cari tahu lewat sosial media tentang keberadaan mobil maicih. yang terjadi di sini adalah mereka semua berhasil membangun story / perbedaan / ciri khas yang akhirnya menambah nilai jual produk/jasanya. 

nahh, menurut aku itu hal mendasar kenapa branding jadi penting buat small business. sekarang branding di sini bukan sekedar kartu nama, atau website online store nya aja yang bagus. ketika pesanan tenyata ga sesuai dengan ekspektasi pelanggan atau ketika mba-mba customer service nya jutek bisa menggagalkan proses membangun brand. kenapa? karena branding adalah proses keseluruhan dari bisnis :)

itu aja dulu yah dari aku. kedepannya aku mau ngebahas lagi beberapa brand yang berhasil supaya sama-sama bisa belajar dari mereka. see you^^

P.S: maaf yah kalo pembahasannya agak serius, soalnya aku ga yakin kalo udah ga jadi mahasiswa lagi mau nulis yang kayak beginian apa ngga. wkwkwkk. mumpung masih punya semangat belajar :)

25 comments:

  1. makasih..dapat ilmu baru tentang branding :)

    ReplyDelete
  2. Waaaah justru pembahasan begini penting banget buat blogger-blogger di sini, akupun jadi kepikiran apa 'brand' yang pas buat si Pensieve, hehe. Semangat ngeblognya yaaaaa!! Ketemu yuj kapan-kapan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi hallo ratri! makasii. yuuuk ketemu. kamu tinggal nya dimanaa darlinn? :))

      Delete
    2. wah ketemu orangnya juga nih kemaren-kemaren cuma liat di intagram aja. salam kenal mba ratri :)

      Delete
    3. Iena : aku di ciputat darliiing dikau dimana?
      Putri : Hihihi halooooooo ketemu lagi dimari :p

      Delete
    4. aku ngekos di depok ratri deket margonda, ciputatnya sebelah mana uin? aku punya kenalan anak uin, hihihi nanti mau mikir dulu enaknya naik krl/bus. atau mau ketemuan di tempat yg recomended? :)

      Delete
    5. Sebelum uin, Na, pasar ciputat ke kiri. Hayuuuk :D

      Delete
    6. okee, mau cek google maps dulu, wkwkwk
      tapi aku masih masa liburan nih belum di depok lagi, ketemuannya kalo pas weekend aku masuk kuliah lagi gimana say? :)

      Delete
  3. memang butuh kok branding bukan hanya di bisnis...di lingkungan kerja jugaaah ***kangen jadi mahasiswa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihii iya mba astin, jaman sekarang emang semuanya harus punya brand :)

      Delete
  4. Sip..sip mbak. Berbagi itu perlu. Kebetulan punya bisnis online juga dan ilmu kayakgini yang juga saya butuhkan. Bahas lebih dalem lagi ya mbak tentang branding. Nanti mampir di sini baca-baca. Blognya saya follow, makasih sudah mampir ke blog saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap mba sri^^ udah aku follow juga blognya
      biar aku juga bisa belajar jadi calon ibu dari mba, hihihi

      Delete
  5. siip banget mba Ienaa saya senang dengan pembahasan artikel "Branding"nya karena saya sampe sekarang masih berjuang build my own personal branding (especially for Blogger ) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wihihihi mba chrisanty kayaknya jauh lebih kece dari saya. aku juga mau belajar banyak dari mba tentang blogging, hhehehhe. makasi ya mba udah main ke sini, salam kenal :)

      Delete
  6. wah kayanya kalo buat mahasiswa yang males baca textbook cocok nih baca blognya, neranginnya enak banget hehehe. ilmunya nambahhh banget nih. makasih yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi aku sebenernya termasuk sama mahasiswa yang males baca buku tebel juga sebenernya. makasi ya putri, semangat yaa ngeblognya biar aku bisa main2 terus :)

      Delete
  7. Ditunggu kelanjutannya Mbak *sambil mikir branding yang cocok apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mba rizkaa, hhehhe. kalo menurut aku mba rizka kan bidang nya psikologi, nahh cocok banget kalo banyakin ngebahas tentang tips atau artikel dari sudut pandang psikologi. *biar aku juga bisa ikutan belajar hihihihi :)

      Delete
  8. suka banget bahasannya, aku nyimak terus.. keep writing Iena :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wihihihi maaci kaka cantik, temenan ngeblog sama ka put jadi ikut kebawa semangat nih :)

      Delete
  9. Iena, congrats yaaa masuk ke review blog favoritnya blogger Bosnia >_<
    Eh aku ikutan menunggu nih apa alasanmu pakai bahasa :D
    Aku juga lagi berniat konsisten posting bahasa Indonesia :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaci ka tiaa, soalnya dipikir-pikir kalo pake bahasa aku bisa jadi diri sendiri dan lebih nyaman. terus yang komen juga bukan yang sekedar lewat kayak "nice post, love your picture" aja. hihihihi. visitor aku juga ternyata banyak nya dari indonesia. sisanya nanti deh yah dibikin posting curhatan khusus :))

      Delete

So, what do you think? :)