Selasa, 15 Maret 2016

What I learned from the last 11 months! And thank you for your support :)


I know, i know. A word “Sorry” couldn’t be enough for my very long escape. But let me show my deep appologize for my absence. I’m sorry, I never mean all of this happen, but i really face a lot of big deals in my life. Yes, I wanna share them to you! To make us stronger, and be grateful with everything that Allah gave to us :)

Well, katakan saja kalau sekarang aku sudah memasuki fase menjadi manusia seutuhnya. Saatnya untuk tidak lagi bergantung pada orang tua, it means: MANDIRI. Dulu masih bisa langsung telpon orang tua kalo udah ga punya uang jajan, bisa langsung dijagain kalo sakit, bisa ngadu kalo kenapa-kenapa. Tapi sekarang rasanya udah ga pantes!

Di akhir semester kuliah yang sangat hectic, ngerasain banget ternyata hidup harus diperjuangkan. Sempet ngerasain mau putus asa, dikala skripsian dan masih ngambil banyak mata kuliah dan harus banget ngerasain ilang di negara orang supaya bisa lulus salah satu matkul wajib. Perjuangan bolak balik ngurusin pasport, visa, tiket, itenerary sambil nyusun skripsi. Belom lagi ngerjain kuis atau tugas dari asdos dan bolak balik revisi supaya bisa sidang. Pokoknya waktu itu mikirnya “YANG PENTING LULUS”. Setiap kali setelah sholat, doa yang paling sering adalah diberi kelancaran sampai kelulusan. Dan alhamdulillah Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ada rasa haru akhirnya aku bisa membawa kedua orang tuaku datang ke upacara wisuda yang dinanti-nanti :”

What doesn’t kill you make you stronger itu bener banget! Salah satu fase terberat dalam hidup akhirnya terlewati, pernah melewati masa hilang kontak dengan keluarga, tersesat di negara orang dan ga punya siapa-siapa untuk diandalkan kecuali diri sendiri. Harus survive! Muter otak gimana caranya untuk bertahan hidup, gimana caranya bisa kembali dengan selamat. Yang akhirnya tanpa aku sadari hal-hal tadi bisa bikin aku jauh jauh jauuh lebih kuat dari sebelumnya. Sekarang kalo ada masalah di depan, langsung tanya diri sendiri “masalah ini ga bikin kamu mati kan? Pernah ngalamin yang jauh lebih parah, jadi buat apa sedih? Ada banyak hal yang jauh lebih pantes untuk di syukuri” and yes! Itu manjur banget :) (aku bakal bikin postingan terpisah untuk cerita perjalanan ini)

***

Next, kehidupan pasca kampus

Euforia kelulusan itu ternyata Cuma bertahan 1 minggu, karena akhirnya harus menyandang gelar pengangguran, mhaha :P which is hak uang jajan penuh udah ga berlaku kayak dulu lagi, nah loh! Habis lulus aku stop biaya dari orang tua, dan berfikir keras gimana caranya bisa bertahan hidup. Dan akhirnya habis lulus aku langsung magang karena nyari kerja susah bangeeeet :(

Aku magang di salah satu bank swasta di Indonesia, dan namanya magang itu yaaa tempatnya banyak kerjaan dan disuruh2, pulang bisa jam 8-9 malem, bahkan pernah jam 12 malem. Iyap badan udah remuk luar biasa, karna bolak balik naik krl-kopaja setiap hari. Mau buka laptop ngepost sesuatu di blog rasanya udah ga kuat (hhihi alasan), pengennya langsung naik kasur karna besok pagi2 udah harus siap ngantor lagi. 

Stasiun sudirman yang hiruk pikuknya sangat terkenal itu bikin aku belajar banyak hal. Sabar! Kalo kamu bukan tipe yang sabaran mending ga usah mampir ke stasiun ini, Hhehe. Beneran sih stasiun ini melatih kesabaran, gesekan di gerbong wanita lebih baik jadi bahan candaan daripada jadi emosi. Stasiun ini bikin kita ngga ngerasa sendirian menghadapi dunia yang keras, capek? Bukan Cuma elo doang kali. Kesel sama atasan? Hhihi ga jarang aku nguping gosip2 tentang kantor, apalagi di gerbong cewek. Masyaallah :)

Dan akhirnya ga kerasa banget tiga bulan masa magang itu berlalu (agustus-Oktober), dan aku memutuskan untuk fokus mencari pekerjaan. Huff. Entah udah berapa ratus email lamaran pekerjaan, beberapa portal situs pencari kerja yang diikuti, bolak balik jobfair, yang ga jarang hasilnya nihil, atau yang nyelekit ga lolos di tahap terakhir. Sampai akhirnya pada suatu hari usaha itu di jawab oleh sang Maha Pengasih. Subhanallah, alhamdulillah :)

Awal desember tahun kemarin aku akhirnya diterima di salah satu performance agency asal jerman. mereka bergerak di bidang advertising, tapi mostly servicenya digital marketing. Iyap sekarang aku sedang belajar menjadi seorang digital marketer. Beruntung di sini aku ketemu temen-temen yang luar biasa dan kita ngerasa udah ngerasa kayak keluarga, apalagi punya atasan yang baik dan selalu memberikan banyak insight. Perusahaan ini baru banget buka cabang di Jakarta, sebelumnya mereka udah buka di Berlin, London, Paris, Munich, Cologne dan Singapore.

Masih banyak sebenernya yang mau aku ceritain, tapi kayaknya lebih baik postingan tentang pekerjaan dibuat terpisah, karena postingan ini udah terlalu panjang. Yang jelas, dalam 11 bulan terakhir ini ada banyak pelajaran hidup yang bisa aku ambil dan banyak hal yang bisa disyukuri. Terimakasih ya Allah, terimakasih ayah ibuku, terimakasih teman2ku, terimakasih untuk kalian juga yang secara ga langsung udah ngasih banyak dukungan. 

Pokoknya buat kamu yang mungkin lagi ngalamin keadaan yang sama, atau lagi menghadapi cobaan yang keras, semoga tulisan ini bisa bikin kamu ngerasa ngga sendiri, dan bisa sedikit menghibur. Allah ga pernah tidur, selama kita berusaha suatu hari usaha itu akan di jawab oleh Maha Pemberi Rezeki. Dan rezeki itu ga pernah tertukar. Kalo kamu ngerasa mau nangis, ya nangislah dulu! Kasih kamu waktu sejenak untuk ngelepas yang ngeganjel di hati, habis itu tidur! Kemudian jangan lupa bangun dengan rasa syukur. Karena kamu sebenarnya jauh lebih beruntung dari orang-orang di luar sana :)


Best,
iena

4 komentar:

  1. Ienaaa, youre'back finally, aku kangen banget baca tulisan soal branding nya ^^
    Ngebantu banget loh di dunia kerja aku hehe
    Sama aku kalo ngerasa ganjel biasanya nangis, udahnya bobo dan itu lega banget deh
    Selamat buat kelulusannya yaa, dan selamat buat kerjaan barunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Desty, Thaaaank you yaaa. hhehhe
      aku juga kangen main2 ke blogmu nihhh, meet up ya kapan2 :)

      Hapus
  2. Aah! I really love your blog! And your free theme, too. Keep blogging! :)

    BalasHapus

COPYRIGHT © 2021BY IENA