Tuesday, March 10, 2015

Bagaimana cara mengenali target konsumen/audiens ideal kita?

credit by Lefashionimage

Alhamdulillah, semester ini aku berhasil jadi morning person, yeey. kebetulan jadwal kuliah semuanya pagi, dan lagi dosen pembimbing aku kalo bikin janji untuk bimbingan mintanya jam setengah 7 an pagi, hhehhe. nyubuh lah berangkat dari kosan, bahkan bapaknya selalu udah dateng sebelum aku. Makannya bakal malu kalo aku yang telat nih :P

Ok, tulisan ini sebenernya lanjutan dari postingan ‘8 Checklist yang Harus Dipenuhi dalam Membangun Brand’. Aku mau breakdown dari beberapa poin di sana, biar bisa lebih dalem pembahasan tentang branding nya. Buat yang baru pertamakali baca blog ini, please baca dulu ya beberapa postingan sebelumnya biar kita tetep nyambung. Untuk entrepreneur dan blogger mengetahui profil dari siapa yang akan menjadi target konsumen/audiens yang potensial menjadi penting. Kenapa? 

Untuk blogger alasannya adalah agar kita mengetahui siapa yang kita ajak bicara, mencoba mencari tahu apa yang menjadi kebutuhannya, apa yang menjadi topik favoritnya dan apa yang dapat menarik perhatian pembaca agar terjadi proses komunikasi dua arah. Kita ngga bisa memuaskan semua segmen, hanya segmen yang sesuai dengan niche kita yang jika puas atau senang membaca konten kita pada akhirnya akan menjadi loyal reader. Nah kalo menurut aku loyal reader ibaratnya sama kayak loyal customer, mereka akan menciptakan word of mouth, yang secara ngga langsung nantinya akan mendukung personal branding dari blog kita sendiri. 

Untuk entrepreneur alasan klise nya adalah agar proses marketing menjadi efektif dan tepat sasaran. Supaya kita ngga buang-buang waktu, produk/jasa kita berhasi terjual dan mendapatkan profit. Nah, produk yang sama namun konsep brand yang berbeda, bisa berbeda juga yang menjadi target konsumennya. Misalkan menjual baju, produksi jenis dress untuk party, casual untuk sehari-hari, dan baju muslim akan berbeda target konsumennya. Kita harus tahu produk/jasa kita memenuhi needs and wants nya siapa. Supaya channel of marketing yang di pilih dapat menjangkau calon pelanggan kita. 

The case study

1. Etu by Restu Anggraeni
Koleksi Spring/ Summer 2015 ETU bercerita tentang seorang wanita muda yang memiliki kehidupan karir dan social life yang sukses. Ia menikmati hidupnya dengan penuh semangat dan penuh percaya diri, tanpa mempedulikan hal-hal negative di sekelilingnya. Mengusung tema “Metropolished”, target market dan positioning ETU adalah sebagai brand exclusive kami yang fokus pada modest work wear untuk wanita karir atau professional work wear. ETU spring/ summer 2015 menggunakan warna muted dan monokromatik yang didominasi oleh warna putih dan abu-abu. Tampilan tersebut memberikan kesan pakaian yang simple dan praktis. (dikutip dari web nya hijup.com)
Dari gambaran di atas udah pasti aku bukan jadi target market nya ETU, hehhehe. Karena aku masih mahasiswa dan untuk saat ini aku belum memiliki kebutuhan work wear yang segitunya. Profil target konsumennya etu adalah Diana (ceritanya aku sebut pake nama) wanita karir dan sangat antusias dengan pekerjaannya. Masih muda dan memiliki social life yang sukses. Diana hidup di daerah metropolitan dengan pendapatan per bulan di atas 5 juta per bulannya. Muslimah yang memiliki ketertarikan akan fashion. Diana menyukai hal-hal yang simple dan ngga suka hal-hal yang complicated. Majalah yang biasa dibaca adalah marie Claire dan women’s health. Social networks yang sering digunakannya adalah email, linkedin, instagram, dan twitter. (*ini Cuma contoh yah)



2. Pecel lele lela by Rangga Umara

Sekarang hampir masyarakat tau dong apa itu pecel lele lela. I’m one of their fan karena menurut aku mereka berhasil membuat brand untuk lele olahan nya. Seperti yang biasa kita lihat, udah banyak warung pecel lele, tapi lela punya konsep yang berbeda dengan memberi value added pada usaha Pecel Lele nya. (Yang bisa kita sebut differensiasi). Dan sekarang jangan ditanya lagi, lela udah punya banyak cabang di berbagai daerah di Indonesia.

Siapa target konsumennya lela?
Target konsumennya lela adalah iena, keluarga pak Budi dan mas Adi. Iena adalah mahasiswa yang tinggal merantau (anak kosan) yang kadang suka males masak. Punya kebiasaan nongkrong dan hunting makanan bersama teman-temannya. Keluarga pak budi adalah keluarga menengah yang memiliki kebiasaan makan malam dengan keluarganya di rumah makan setiap malam minggu, sedangkan mas Adi adalah pekerja kantoran yang tidak sempat untuk menyiapkan makanan karena sibuk dengan urusan kantor.

3. Net TV by Agus Lasmono dan Wishnutama Kusubandio
NET. Televisi Masa Kini merupakan salah satu alternatif tontonan hiburan layar kaca. NET. hadir dengan format dan konten program yang berbeda dengan stasiun TV lain. Sesuai perkembangan teknologi informasi, NET. didirikan dengan semangat bahwa konten hiburan dan informasi di masa mendatang akan semakin terhubung, lebih memasyarakat, lebih mendalam, lebih pribadi, dan lebih mudah diakses.  Karena itulah, sejak awal, NET. muncul dengan konsep multiplatform, sehingga pemirsanya bisa mengakses tayangan NET. secara tidak terbatas, kapan pun, dan di mana pun.Secara konten, tayangan NET. berbeda dengan tayangan televisi yang sudah ada. Sesuai semangatnya, tayangan berita NET. wajib menghibur, dan sebaliknya, tayangan hiburan NET. harus mengandung fakta, bukan rumor atau gosip. Secara tampilan, NET. muncul dengan gambar yang lebih tajam dan warna yang lebih cerah. NET. telah menggunakan sistem full high definition (Full-HD) dari hulu hingga ke hilir.

Siapa yang menjadi target audience nya net tv?
Orang-orang yang memiliki pemikiran positive (good people) dan selalu bersemangat. Citizen Journalism yang biasa menggunakan social media dan menggunakan nya sebagai sarana penyebaran informasi dan lain-lain.

Lalu bagaimana dengan Blogger?
Hal yang sama juga berlaku untuk blogger. Apa isu yang paling sering di bahas? Fashion? Travel? Beauty? DIY?. Untuk fashion, jenis style yang seperti apa? Muslimah? Streetwear? Hipster? Udah pasti dong yah kalo yang dibahas adalah women stuff berarti yang bakalan mau baca kebanyakan perempuan. Get along dengan para blogger perempuan lainnya. Wanita yang punya hobi dan ketertarikan seperti apa yang akan suka dengan topik-topik yang dibahas? 
Oke, next aku ada list pertanyaan untuk membantu mengidentifikasi lebih detail profil siapa yang menjadi target konsumen dan audience kita. Aku dapet ini dari blognya regina, and i think she is genius! Banyak tips tentang blogging dan bisnis di sana, sangat worth untuk dibaca :)

The Survey

Basic Demographics

Gender:
Age:
Location:
Ethnicity:
Education level:
Income level:
Industry/job:

Preferences and Habits

Interests:
Hobbies:
Passions:
Personality:
Types of blogs she is likely to read:
Which magazines does she read?
What would make her trust a new source/blog/brand?
Which social issues are likely to affect her?
Does her job satisfy her? Y/N
What is her primary need/concern in life?
What’s her general disposition? How does she view the world?
Favorite book:
Favorite TV show:
Favorite movie genre:
Favorite type of restaurant/food:
If she had a completely free day, what would she spend it doing?
Does she enjoy traveling? Where is she most likely to go in the next year?
What type of computer does she use? What type of device will she likely first access your brand on?

Social Habits (Does she use these networks? If so, how often?)

Pinterest:
Twitter:
Google+:
Facebook:
LinkedIn:
Instagram:
YouTube:
Other social networks:
Email:
On which network(s) or email platform is she most likely to share information or recommendations with her friends?
Does she have a smartphone? Y/N
How often does she “go out” in her city?

Money Habits

What’s her biggest expense each month?
Second biggest?
What does she enjoy spending money on that she can afford?
What is she likely to splurge on?
From which stores would she like to receive a gift card?
If she buys your product, reads your blog, or enlists your services, how will she feel about your content?

Good to Know

List the top three reasons she might “follow you” or read your content regularly:
What would make her share your blog with others?
List five questions she is most likely to have about you or your blog:

Siapa yang menjadi target audiens nya 'Saturday Love Sunday Blog'? 

kamu! :)

well aku juga mencoba menjawab beberapa pertanyaan di atas, sampe akhirnya aku bisa membuat beberapa deskripsi seperti apa sih karakteristik audiens nya SLS?

1.  A go-getter woman entrepreneur, driven, creative/talented – always wanting to learn/grow, is authentic, not afraid to ask, willing to pay for value/end result (could be time, could be money), loyal relationship – ally working together
2.  Likes simplicity – not a lot of drama, chaos, noise, fakeness. ‘Less is more’.
3.  Authentic/Real – shows warts and all, doesn’t put on a front.
4.  Modern, sophisticated, yet comfortable.
5.   Loves marketing, branding, design, creative business, telling the story (they may not know how to do it, but appreciate and/or understand the process).
6.   Luxury without the high price
7.   Likes an Editorial style
8.   Feminine. Ambitious. Determined. With Energy

P.S: Buat kamu yang memutuskan untuk menjadi serious blogger, aku sangat merekomendasikan web nya regina. Banyak banget tulisan yang oke banget untuk nambah2 insight. 

Oh ya, aku mau ngucapin makasi, makasi banyak buat kamu yang setia membaca postingan nya SLS. alhamdulillah aku bersyukur ternyata banyak respon positif untuk tulisan2 dengan tema branding ini :))

ternyata begini yah rasanya ngeblog di tengah tuntutan kewajiban lain, aku sangat berusaha membuat konten yang tetep berkualitas meskipun kadang stamina dan semangat yang naik turun. bismillah semoga minggu ini udah bisa nyebar kuesioner dan mengerjakan kerjaan yang sudah menanti, amiiin :))

13 comments:

  1. Ienaaa kalau sempat mampir ke Pensieve yaaa, lalu mari diskusi perkara indaang. Jadi pengen seriusin ini blog.. http://ratrispensieve.blogspot.com/2015/03/introducing-pensievedailygeekery.html

    ReplyDelete
  2. Keep your spirit dan semoga sehat selalu ya Iena, jadi bisa sering2 angkat topik ini ;)

    ReplyDelete
  3. Ienaaa... Kapan-kapan pengen deh chit chat sama kamu soal blogging & branding, aku masih jauh dari ngerti soal begituan hehe.. Salut kamu udah bisa nulis hal-hal ini. Kereeeen!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo ka indaaah! kyaaaa kapan yuuuk ketemuan kita. kaka di jogja ya? apa habis skripsian aku backpacker ke sana ya? hhehhehe

      kaa, kan aku mahasiswa marketing, hhihihihi :P sebenernya ini ada beberapa pembahasan di kelas yang aku bikin bahasanya jadi ngga textbook aja jadi pake bahasa aku. hehehhe.

      Delete
  4. Selama ini ngga kepikiran buat jadi pro-blogger. Hahah.. :D Harus ubah mindset dulu sepertinya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya beby, sayang kan kalo kita udah punya hobi bagus kalo bisa dibangun personal branding nya siapa tau ada opportunity yang tiba2 dateng. hehhehhe
      tetep semangat yaaa :))

      Delete
  5. bener ko iena, target audience blog kamu
    aku kok.. hhehe
    semangat iena semoga sukses ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo kaka cantik!, hhihihi makin keceh aja nih blognyaa!!
      kaka juga ya, semangaaat :))

      Delete
  6. Haii Iena.. Nice sharing..

    Btw aku ada email kamu,coba di cek yaa.. Makasiii :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo ka Laras! salam kenal ya :D
      samasama kakaa, oke aku cek ya

      Delete
  7. ien aku juga pengen belajar serius blog nih gara@ baca postingan blog kamu keren2 hihihi . Proud of you

    ReplyDelete

So, what do you think? :)