Minggu, 01 Februari 2015

rekomendasi font untuk fashion / beauty blogger

kadang aku suka bingung harus mulai dari mana menyusun isi postingan biar tersusun rapi, akhirnya lebih sering bikin postingan dari ide yang tiba-tiba di kepala aja. kadang kalo lagi mandi kepikiran hari ini bahas poin ini besok itu besoknya lagi itu deh, tapi pas eksekusi kayaknya ide yang ini lebih bisa dibikin duluan dari pada yang itu *jadi kebanyakan ini ituu, wkwkwkk :P namanya juga masih adaptasi, hihihi ibarat baby, belum sebulan aku ngeblog, jadi masih nyari jadwal yang enak buat bikin postingan dan blogwalking. tapi pas enak-enaknya ngeblog tiba-tiba ada sedikit rasa bersalah kalo keingetan skripsi. DUH :'( nah kalo gini nih bikin mood ngeblog jadi gimandess gitu, sedangkan kalo aku blogwalking paling suka ngubek2 blog yang aku temuin, pasti lama. apalagi kalo isi blognya atau penulisnya punya personality yang menarik, aku jadi semakin pengen kenal sama orangnya. lupa waktu yes, tapi seruu banget. makannya aku mau coba ngatur waktu lagi supaya bisa lebih produktif dan efisien. (mau ngikutin tips2 nya mba JNY Nita ah yang kalo aku liat ibu dokter yang satu ini sangat terorganize. mau aku bagi kapan waktu ngeblog, kalo bisa tuntutan kuliah jangan sampai jadi alasan untuk meninggalkan dunia blogging) 

okee, udah dulu ah ceritanya. biar ngga bosen rencananya aku pengen bikin postingan yang selang seling antara topik branding/marketing sama topik tentang desainnya itu sendiri. kayaknya udah lama aku belum sharing tips-tips desain lagi sama temen-temen. ada prinsip desain yang selalu aku pegang, "attention to details". hal-hal yang keliatan kecil kadang matters, seperti yang pernah aku ceritain di postingan yang kemaren tentang brainstorming stage. perbedaan penggunaan elemen desain bisa memberikan efek penilaian yang berbeda pada persepsi audience, meskipun itu cuma sekedar font atau warna :)

nah setelah blogwalking ke beberapa web desain ada beberapa font yang cocok untuk topik fashion/beauty blogger karena font2 tersebut terlihat feminim dan elegan. (sebenernya ga mesti fashion/beauty blogger aja yang pake, kalo kamu ngerasa cocok buat pake font ini silahkan download! :D) aku ambil dua font yang sering disebut2 di beberapa blog, yaitu Josefin Sans sama Old Standard TT, dan yeeyy ternyata mereka gratisan lhoo. hhehhe *anaknya suka banget sama yang gratis-gratis. aku udah coba-coba pake font ini dan ternyata emang iya efeknya lebih keliatan manis.

tips:
biasanya fashion/beauty blogger punya kategori wishlist, saran mix n match baju atau review2 produk. biar lebih kece keliatan kayak editorial majalah, font ini bisa dipake buat detail review produknya. akan lebih maksimal efeknya kalo dipadukan sama gambar yang cerah atau gambar yang fokus ke satu objek (misalkan mau bahas lipstick yang oke, terus fotonya bisa di latar yang putih, terus kasih tulisan di sampingnya jenis lipstick sama kode warna lipstick). pokoknya tergantung kreativitas kamu dalam membuat layout desainnya nanti mau dibuat kayak gimana.

size
ukuran dalam duniai font juga sangat penting. besar kecilnya juga kadang punya efek yang beda juga. sepinter-pinternya kita deh mau di buat berapa spasi dan ukurannya. saran aku dicoba-coba aja dulu terus dibandingin lebih cocok mana. sometimes nanti intuisinya akan keluar sendiri desain yang kayak gimana yang pas


kamu bisa download font nya di sini: Josefin Sans // Old Standard TT

cover photo by Pho-London // shoes by vaunte // quotes by chanel

P.S: ternyata brand fashion yang udah terkenal suka bikin fashion quotes yang menarik dalam campaign atau publikasinya. menurut aku ini salah satu kegiatan marketing yang cukup efektif karena biasanya perempuan suka worry sama hal2 tentang beauty dan penampilan nya supaya lebih percaya diri. fashion or beauty brand mencoba menyebarkan virus-virus positif pada para wanita sekaligus meningkatkan awareness akan brand mereka sendiri :) 

12 komentar:

  1. Hei Iena , should I call you Ka Iena or just your name? Berguna banget postingan ini buat aku yg mulai aktif ngeblog lagi hehe. Btw beberapa waktu lalu aku pernah 'berkunjung' ke blog kamu ini dan gak nyangka sekarang bisa tau orang dibalik blog ini hehe :p *apasih tik lebay*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo hallo kartikaa, hhehhe. panggil aja iena ga papa
      ahahhahah semoga ga nyesel ya pas udah tau orangnya, wkwkwkkwk :P
      salam kenal ya say :))

      Hapus
  2. emang ada apa dengan skripsinya bu? kok pake merasa bersalah gitu. selamat datang didunia blogging sobat. tulisannya bagus dan inspiratif buat pengunjung. blognya juga lucu font yang dipilih punya daya tarik buat baca sampai finish hehe - salam kenal bu iena "BPI"

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahha ga papa sih, cuma belom kepegang aja :P
      makasi mas suhendrii :D

      Hapus
  3. Fashion memang menjadi trends masa kini ya mbak, salam kenal ya!

    BalasHapus
  4. aku pake font bawaan dari blogsopt aja, tapi pilih yang jelas. aku sih kalo baca blog suka sama yang "clear" dari segi tampilan yang terang gak terlalu banyak animasi, fontnya jelas bukan sandi rumput, kalo uda ada blog dengan sandi rumput uda pasti aku close. nice sharing, salam kenal mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo ka Ayuu, iyah aku jugaa. hehhe
      salam kenal yaa :))

      Hapus
  5. Jadi font-nya untuk di desain 'gambar2 isi blog' ya Iena? Karena kalau untuk text blog kan pilihannya terbatas... Pakai font yang keren2 pun pas dilihat di mobile tetep balik ke Arial/Verdana (kalo ga salah) :/
    Anyway pilihan font-nya cantik banget Ienaaa >_< *lalu galau dengan tampilan blog yg sekarang hihihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa kaka tayaaang, hhehe
      kan kak tia kreatif parah suka bikin DIY atau tips2 cantik. lumayan kalo mau pake font2 ini :D

      Hapus

COPYRIGHT © 2021BY IENA