Selasa, 03 Februari 2015

Free template from saturday love sunday #1
























Siapa yang suka gratisaan? yeeeey toss deh ya kalo gitu. aku sukaa banget sama yang namanya gratisan (*jadi inget postingannya ka Tia kemaren, hehhehe) apalagi masih jadi mahasiwa yang belom punya penghasilan sendiri, suka mikir dua kali kalo mau beli sesuatu, habis ga enak kalo minta terus sama ortu. biasanya kalo aku suka gratisan goodie bag dari seminar-seminar, sampel produk, gratisan ngisi survey sampe freebies yang ada di website orang. Jadi inget dulu pas awal-awal ngeblog seneeeeng rasanya kalo nemuin web yang bagi2 template gratis. Terus langsung eksperimen deh utak atik diblog sendiri. Dibalik kekurangannya blogger, platform ini ternyata lumayan gampang untuk dimodifikasi templatenya.

Nah, karena aku anaknya suka penasaran kadang gatel banget ihh mau coba-coba bikin template buatan sendiri. Terus kalo ngambil yang gratisan ada aja misalkan bagian yang kurang sreg. Bisa dari warna, font, pattern, sampe letak layoutnya. (*udah gratisan banyak mau lagi :P) tapi dari ngutak atik itulah jadi sedikit ngerti html dan css. (Karena belajarnya dari hasil eksperimen2 aku nyebutnya “dumb coding” hehhe). 


DEMO / DOWNLOAD

Yak meskipun masih cetek ilmunya tapi lumayan kalo bisa bagi-bagi gratisan juga sama orang. Template ini terinspirasi dari desain yang clean dan template-template yang biasa dipake di wordpress. Inspirasi ini aku dapet dari web nya designlovefestkak Alodita sama Kak FifiAlvianto. Aku suka desainnya karena simple, awalnya aku niat pake template ini buat SLS tapi ngga jadi, makannya daripada mubazir udah capek2 begadang tapi ngga dipake mending dibagiin aja buat freebies baru. Kebetulan template ini customize friendly, gampang diatur lebar, warna, ukuran sampe jenis tulisannya. (Aku juga bikin manualnya di bawah supaya ngga bingung. Di dalemnya juga aku masukin gimana cara masang icon-icon social media kayak yang punya aku di samping). Oh iya, jangan lupa buat yang mau install di backup dulu yah template yang lamanya, takut ada kenapa-kenapa.

*buat yang udah install, please komen di blog ini dan kasih url blog kamu ya biar aku bisa liat. yeeey :D

P.S: buat yang masih galau mau ganti template atau ngga, mending download aja dulu, hhehe. disimpen karena waktu gratisannya terbatas. Aku masih ga tau sampe kapan ini gratisnya. Bukannya niat pelit, tapi supaya template ini jadi ga pasaran, buat yang kurang sreg mungkin bisa nunggu gratisan template SLS selanjutnya. Follow blog ini biar kamu bisa update gratisan yang lain, hehheh :P Karena aku suka desain yang simpel jadi semua template yang aku buat akan lebih banyak yang sederhana aja. 


FAQ
Bagaimana cara menggunakan template ini?
kamu tinggal download file yang dari link yang tersedia di blog SLS. lalu baca manual dibawah ya

Bagaimana cara mengatur templatenya?
template ini dibuat friendly customize, jadi kamu bisa merubah ukuran, font dan warna tulisan di menu template lalu pilih customize. lalu sesuaikan ukuran lebar kolom dengan format postingan2 yang sudah kamu buat sebelumnya agar terlihat rapi

Apakah ada batas waktu masa gratisnya? mengapa?
iya, template ini gratis untuk jangka waktu tertentu. karena kemungkinan ada update desain yang baru dari SLS supaya template ini tidak pasaran. mohon pengertiannya ya :)

Apakah saya boleh menyebarkan template ini?
yap, boleh. asalkan jangan lupa sertakan link ke blog SLS sebagai sumber
pertanyaan lebih lanjut kamu bisa kirim email ke aku ya


The Manual
Installing and Customizing – Dear Saturday Template 
In order for you to start blogging and sharing your life with your readers, you’ll find the first steps to working with your template in the following paragraphs.

Installation
To install your template, log on to blogger.com and go to “Template” in the left column of your blog’s menu. There is a grey box in the upper right corner with “Backup/Restore” on it. Click it and Select “Browse File” there. Look for the xml File in the folder you just downloaded. Hit Save and the template is up on your blog.

Customize
Now it's time to customize your template. The Sidebar will need a few customizations. Add the gadgets you like and toss out the ones you do not need.It might be better to delete a few more than you’re comfortable with, readers tend to like clean blogs more that overcrowded ones. I recommend using as few headings as possible, paste in instead of your heading to let the gadget go without a heading.

The pages are easily made.
Just create your sites, using the regular blogger “Pages” tab (right below “Posts”) and safe them. To bring them on your blog you need to add or edit the “Pages” Box in the Layout section. This one is a very wide one. You might need to drag and drop it around until you can see the blue “costumize” link in the lower left corner of the box. 

Click on it and edit your Pages. Instead of the title, put in for the blog not to display the actual word “Pages”. Then drag around all the Pages you want to have displayed or add external links to other pages.

Now let's work on those social media icons. You'll find the 8 most commonly used icons in your folder. Chose the ones you need and upload them to a service like photobucket.

Then, on your blog, add a new HTML/Java Script in the Layout section and paste the following code
into it:


For every "Your link" to copy and paste the link to your social media profile (please note that there must be a http://  before your link in every case). Your image source link is the direct link from photobucket (etc). The name can simply be "Facebook" or "Join me on Facebook".

Now let’s work on your header.
If you already have a header (a picture etc.) uploaded, you might leave it the way it is or upload it again so it fits the size of the new design. If you do not already have a header you may use the font that is preinstalled. To achieve the grey and curly red font, you need to split your blog’s title into actual title and description

And finally: You have that nice design and you want your viewers to see it! yeeeey :D

49 komentar:

  1. Aihhh Iena, currently your blog is ma favorite lahhhh!!! Seneng dah tiap mampir kesini selalu ada yang baru, gratis pula! Khusus gratisan template, ga bakal bikin sampah di sudut rumah hihihii :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ihihihihi thankies kiss kiss :*
      ini belajar dari kak tia jugaa. jadi pecinta gretongan. wkwkwkwk :P

      Hapus
  2. Iena makasih banyak ya aku langsung nyobain di blog aku nih, tapi belum selesai ngedit2nya keburu banyak deadline, hehe... bakalan aku bahas di post aku nanti insya Allah. Makasih banyak ya free templatenya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeeeeey, macama ka Niaaaa :D
      semangaaat kejar deadline dan beberes blognyaa yaak!!

      Hapus
  3. Ienaa.. i sent you email. please check :D thank youu

    BalasHapus
  4. aku samai sekrang masih belum bisa ngubah template sendiri,takut malah rusak hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo masih ragu mbaku boleh di coba dulu bikin satu blog baru khusus buat ngatur2 templatenya, terus di backup dulu template yang lamanya. biar kalo kenapa-kenapa bisa balik lagi ke tampilan yang sebelumnya. hehhe :D

      Hapus
  5. Baguuuus Naaa templatenya.. Simple dan light bangeeet.. Cucoook!

    BalasHapus
  6. Love your template! thanks for sharing :D

    http://putrivalentinalim.blogspot.com/2015/02/everbest.html

    BalasHapus
  7. lagi blogwalking dan finally ketemu blog iena. Kangen banget iena. OMG...your blog is so cool iena and Im totally a huge fans of your blog :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaaaaaaai sayaaang, apa kabarmuuu? maaci yaa, hihiihi :D
      kangeen jugaa, sekarang kerja di mana?
      ko aku ga bisa buka blog kamuu nihh, hikss T.T

      Hapus
    2. kabarku baik, alhamdulillah. aku di DJP yang di pusatnya sayang, di Gatot Subroto nih. hiiii blognya masih direnovasi nih ie, lagi mau diberes-beresin dulu hahaha
      iena gimana kuliahnya ?

      Hapus
    3. pajak? wihh semangaat yaaw! aciknya niih yang sudah kerjaa. aku mah masih nyusun skripsi nih shay, doain lulus ya semester ini :D

      kabar-kabarin yah kalo blog nya udah beres, biar bisa main2 juga. hhehhe

      Hapus
  8. Len aku pake templatenya nh hihihi, seneng deh mampir kesini ^^ Makasih *hug*

    BalasHapus
  9. akhirnya nemu blogger lokal yang ngebahas beginian! senang banget! salam kenal dan aku unduh ya templatenya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo-hallo karinaa, hihihih thank you yaaah!
      salam kenal darlinn :')

      Hapus
  10. Dulu kalau utak atik template juga sampai lupa waktu tapi skrg lebih nyaman pakai wp

    BalasHapus
  11. hai Lena, salam kenal yaaa :)
    makasih banyak yaaa untuk free templatenya. aku udah lama banget kepengen punya tampilan blog kaya punya kak Alo dan kamu mewujudkannya hihihi.

    Love from Palembang <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo mithaaa, sama2 :))
      salam kenal juga yaaah darlinn, yeeeey install install!

      kisses :*

      Hapus
  12. Super sekalih dirimu bisa sharing beginiaaaan...
    Aku lagi utak-atik design & template yg pas buat blog nih, masih bingung hahaha

    IndahRP

    BalasHapus
    Balasan
    1. iihihihiy iseng2 berhadiah ini mah kaaa :3

      Hapus
  13. btw maf bangeeet aku salah sebut namamu..
    makasih yaaa Iean utk templatenyaa :D kereeeen..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ihhh nda papa mba mithaa, sama-sama :D
      salam kenal yaaa^^

      Hapus
  14. Templatenya bagus.. Kesannya bersih gitu.. :D Aku jugak mau utak-atik ah.. :D

    BalasHapus
  15. ienaaa... salam kenal yaa, aku tina..
    aku nemu link blog kamu dari blognya kak tiananda,,
    pas banget dah, aku lg mau balik nge-blog lagi yang sesuai passionku

    ehh,, alhamdulillahnya lagi ada template gratisan pula,, simple, clean, cocok banget utk blogku..
    btw, aku mau nanya nih...
    diblog kamu, dan beberapa blogger lain, ada semacam iklan gitu dari luxola, lazada, berrybenka, dll... itu buat apa sih sebenernya? apakah ngaruh ke income? kalau aq ga salah, pemasangan iklan di blog itu nambah income buat bloggernya, bnr g ya? trs, cara pasangnya gimana ya? hehe, mungkin bisa kali ya next posting negbahas perlu atau nggaknya, atau advantage dari pemasangan iklan di blog... anyway makasih banyak yaa,, and keep posting your blog ^^

    BalasHapus
  16. Halo Iena, nemu blog kamu dari blognya temenku (Mbak Tiananda) pas liat-liat eh nemu freebies template ini. Pada dasarnya aku suka design template yg clean gini, tapi ya nggak punya ilmu buat ngutak-atik jadinya males. Nemu ini langsung apply, dan ini masih bingung juga,

    Thank you Iena <3
    http://merrywulan.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo Merry! coba diotak atiknya di blog baru aja. khusus buat trial dan error
      kalo udah baru kamu aplikasiin di blog utama :))

      thank you yah udah main-main ke sini sayy

      Hapus
  17. aku suka iena sama templatenyaa. ud di save tp blm sempet ganti dan coba utak atik krn lg riweh. Soalnya klo ganti2 gini harus siapin waktu khusus karena pasti ada aja kemungkinan error2nya. haha. ini gratis utk jangka waktu brp lama iena?klo misalnya ud diinstal trs ud ga gratis lagi, ngaruh ke org yg ud ganti template pake ini gaa? aku buta banget deh ttg yang beginian. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo kaka cantiik, maapin ya baru bales :'
      gratisannya sampe awal maret ka, hehhehe. kalo udah di download jangan khawatir ka, itu ngga akan ngaruh sama sekali ke orang yang install :))

      Hapus
  18. halo iena,, aku lagi bikin blog ni, pake templateny SLS, sudah utak-atik sesuai kebutuhanq, tapi mau nanya dikit *karena msh proses design layout yg pas*

    aq mau nanya, caranya bikin pages jadi bentuk list ke bawah gitu gimana ya caranya, aku uda cari2 di google cuma belum nemu ni... makasi yaa ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu pake bahasa HTML Tinaaa, minta alamat email kamu deh
      nanti aku kirimin rumusnya :)

      Hapus
  19. oke, kesini aja ya luminabridal@gmail.com, makasi iena ^^

    BalasHapus
  20. Tante,,, template nya gak bisa di donlot lagi ya?
    Dija pingin ganti template nih.. kan dija sdh besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo dijaa! salam kenal ya sayang :)

      iya, kalo yang ini ga bisa didownload lagi. tapi bulan depan nanti akan ada desain template yang baru ya, hehhehe

      Hapus
  21. Hai Iena ^^
    aku sudah download ini dari lama tapi baru kesampaian gantinya theme nya sekarang ^^
    ini masih aku otak atik dulu template nya, nanti aku tanya yah kalo ada yang gak paham nya ^^
    great theme iena :))

    BalasHapus
  22. haloooo iena salam kenal. Aku suka bgt sama templatenya tp ga bisa di download. gmn ya? hiks hiks

    BalasHapus
  23. aku pengen templatenya iena... simple.. tapi uda ga bisa di download lagi ya.
    harus di save page ni blog iena biar ga ketinggalan template gratisanya :)

    BalasHapus
  24. I'm arrived too late, the download is closed ? :(
    This template is cool, congratulation !

    BalasHapus
  25. hi can I have the link to download this template :)? thanks

    BalasHapus

  26. halo ! Saya tidak dapat mendownload tata letak ini . Anda bisa memberikan saya ?

    BalasHapus
  27. Hello Lena,
    I find your blogger templates through pinterest and I'm in love with your designs. I try many times clicking download (next to DEMO) and it doesn't work.
    May I know where to download ?

    Thank you :)

    BalasHapus

COPYRIGHT © 2021BY IENA